My Family Campus



By  umar 009     Kamis, September 10, 2015    Label:, 







My Family Campus with Bapak Parni Hadi .

what is family campus?

Assalamu’alaikum… hai teman-teman semua. Apa kabar? Semoga baik-baik saja ya dan terus tetap semangat buat mentengin blog kita J

Di tulisan kali ini kita mau ngebahas tentang salah satu konsep yang ada di Kampus Bisnis Umar Usman, yaitu Family Campus. So what is family campus? Secara sederhana family campus artinya kampus yang mengusung nilai-nilai keluargaan di dalamnya. Kenapa harus family campus? karena di Kampus Bisnis Umar Usman kita semua adalah keluarga, baik teman seangkatan, para alumni, tim pengajar, ataupun tim menejemen. Hal ini dibuat agar kami bisa belajar dengan nyaman di kampus ini. Karena biasanya di dalam sebuah keluarga kita bisa merasa nyaman, tidak malu-malu untuk bercerita dengan anggota keluarga lainnya. Lalu apa sih tujuan dari sistem family campus ini? Tujuannya adalah agar kita bisa menjadi satu di kampus ini, bisa merasa nyaman dan betah saat berada di Kampus Bisnis Umar Usman. Selain itu tujuan lainnya adalah agar kita bisa mengenal bahkan akrab dengan seluruh mahasiswa dan tim menejemen, sehingga dengan adanya tali silaturahmi ini kita bisa mempunyai banyak kenalan yang bisa dijadikan link-link untuk kelancaran bisnis bersama.  

Family campus di Kampus Bisnis Umar Usman ini tidak hanya sekedar wacana atau omong kosong loh teman-teman. Kenapa? Karena meskipun saat ini kita (mahasiswa baru angkatan ketiga) yang  sebenarnya baru masuk beberapa hari, tapi kita sudah merasa sangat akrab satu sama lain dan merasa seperti berada di lingkungan keluarga kedua setelah keluarga asli. Pokonya bener-bener nyaman deh J

Nah kebetulan hari selasa kemarin my family campus ini juga menjadi tema pembahasan di agenda martikulasi para mahasiswa baru,   yang dipimpin oleh Bapak Parni Hadi selaku ketua rektor Kampus Bisnis Umar Usman. Beliau memaparkan hal-hal mengenai apa itu family campus. Dan hebatnya, saat pemaparan beliau hanya menggunakan satu slide saja, namun satu slide itu sudah memenuhi inti pembicaraan. Satu slide putih yang hanya bertuliskan kalimat "Prophertic Socio Technopreneurship"dipaparkan oleh beliau dengan sangat luar biasa dalam waktu hampir 2 jam dan hampir seluruh mahasiswa baru terhipnotis oleh pemaparan tersebut.

Lalu apa itu Prophertic Socio Technopreneurship? Hanya sebuah kalimat sederhana di satu slide putih namun berhasil menghipnotis hampir seluruh mahasiswa. Seperti yang tertulis di atas bahwa slide ini adalah inti dari seluruh pembahasan Pak Parni Hadi. Oke, akan saya coba artikan dan paparkan ulang dalam kalimat yang sederhana yaaa.

Yang pertama Prophertic, artinya nabi. 
(Loh untuk apa sebuah kampus bisnis bawa-bawa nabi dalam materinya? )
Nah itu dia bedanya Kampus Bisnis Umar Usman :) hebatnya, di kampus ini kita tidak hanya diajarkan bagaimana memenejemen bisnis kita agar menjadi besar, atau bagaimana memulai bisnis, atau mungkin bagaimana cara mencapai profit 1 miliyar dalam satu bulan. Di kampus ini kita juga diajarkan ilmu langit (dengan menanamkan nilai-nilai keislaman sebagai pedoman para boss-boss muda dalam berbisnis) agar memudahkan kita mendapatkan apa-apa yang kita inginkan. Subhanallah kan?
Oke lanjut! Dalam pemaparannya, Pak Parni Hadi menyebutkan 4 sifat nabi yang terkenal dan mengaitkannya dengan para pengusaha.

Sifat pertama Fathonah. Artinya cerdas. Seperti halnya rasulullah yang cerdas, kita Sebagai pengusaha juga harus cerdas dalam mengelolah bisnis kita agar terus berkembang, cerdas mengatur keuangan agar tidak rugi, cerdas melihat peluang, dan cerdas dalam hal lainnya.

Selanjutnya amanah. Artinya dapat dipercaya. Semua orang pasti menyukai orang-orang yang jujur. Begitupun dalam bisnis, ketika mencari partner pastinya kita ingin mendapatkan partner yang jujur dan bertanggung jawab. Bayangkan jika partner kita ternyata berkhianat, wah pasti akan sangat menyusahkan sekali. Dan begitupun dengan diri kita sendiri, kita harus jujur dan dapat dipercaya agar mudah mendapatkan investor untuk kelancaran bisnis kita.

Yang ketiga siddiq. Artinya jujur. Siddiq dan amanah ini berhubungan loh. Ketika berbisnis kita harus mengutamakan kejujuran agar bisnis kita berkah dan banyak dipercaya orang. Kalau sudah dipercaya, pembeli pasti banyak yg berdatangan. Enak toh?

Nah yang terakhir adalah tabligh. Artinya menyampaikan. Kita sebagai calon-calon pengusaha besar harus hebat dalam  berjualan, mempromosikan barang dagangan kita sebaik mungkin untuk mendapatkan banyak pelanggan. Bahkan kalau promisi kita muantap, kita pasti bisa mendapatkan investor.
Alhamdulillah, enak baget toh? Kalau kita berbisnis dengan mengikuti sifat-sifat rasulullah seperti yang di atas, insyaAllah bisnis kita bakal semakin berkah berlimpah.

Oiya ketika keempat sifat rasulullah itu kita singkat, maka singkatannya adalah FAST. Dalam bahasa inggris, fast artinya cepat. Menjadi seorang pengusaha kita harus selalu cepat dalam memutuskan sesuatu, agar rejeki gak dipatok ayam, hehee :)

Rasulullah aja berbisnis, masa kita umatnya mau jadi karyawan terus??

Oke the next is Socio. Pak Parni Hadi ingin kita menjadi pengusaha yang selalu berjiwa sosial. Karena sungguh hebat luar biasa orang yang sudah di atas namun tetap ingat dengan yang di bawah. Jika tujuan dari berwirausaha hanya untuk mengejar untung,untung, dan selalu untung, lama-lama kita bisa buntung. Jika semua pengusaha bersifat seperti itu, bisa hancurlah dunia ini. Oleh karenanya diperlukan seorang pengusaha yang berjiwa sosial demi kemaslahatan umat bersama. Damai toh?

“Berbisnis tidak melulu masalah profit, tetapi benefit. Apa yang sudah kita berikan dari hasil bisnis untuk orang lain?”

Ingat!!!
“sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat untuk makhluk lainnya”

Selamat menebar manfaat dengan menjadi pengusaha JJJ

selanjutnya techno, maksudnya technology. 
Jaman sekarang itu jamannya gadget bro, ja-man mo-de-ren. Para mahasiswa dan juga lulusan Kampus Bisnis Umar Usman harus menguasai teknologi supaya gak ketinggalan. Dengan teknologi kita bisa mendapatkan banyak pelanggan dari banyak daerah karena bisnis kita berada di lingkup yang besar. Sedangkan  tanpa teknologi bisnis kita hanya berkembang di ruang lingkup yang kecil saja. So, mau maju? Kuasai teknologi atau masuk Kampus Bisnis Umar Usman aja :)

Nah, the last is entrepreneurship.
Ship disini adalah kata benda. Artinya ilmu. Entrepreneurshipadalah ilmu tentang bisnis. Berbisnis itu tidak bisa sembarangan loh teman-teman, butuh ilmu agar bisnis bisa tetap berjalan. Lalu bagaimana untuk pemula? Untuk permulaan yang penting sih berani mulai dulu aja, karena memang itulah yang paling berat. Ketika bisnisnya sudah mulai, baru deh kita pelajari ilmunya agar bisnis kita bisa bertahan dan semakin di depan J. Kenapa demikian? Karena kalau kita hanya terus-terusan belajar untuk memastikan kita siap, biasanya malah kita gak siap-siap untuk memulai. Dan pesan dari Pak Parni Hadi, kita adalah entrepreneur, makhluk tangguh yang harus terus belajar tanpa henti, agar bisa survive di setiap keadaan. Karena ilmu itu tidak pernah habis. Siap untuk terus menuntut ilmu bos?s? Harus siap!!

Jadi, setelah selesai membahas tuntas semua tentang apa ituProphertic Socio Technopreneurship, udah tahu dong ya maksudnya apa? Artinya adalah pengusaha yang ahli teknologi, berjiwa sosial, dan berkepribadian seperti rasulullah saw. Itulah tujuan dari kampus bisnis umar usman yang insyaAllah bisa dicapai dengan sistem family campus seperti ini.  Keren kan? Banget lah~

Dengan menerapkan Prophertic Socio Technopreneurship, insyaAllah kita akan menjadi pengusaha yang semakin kaya berkah berlimpah. Boleh?
Selanjutnya boleh mendapatkan omset 1 miliyar per bulan? Boleh asal diizinkan sama Allah J

Wassalam~~

Kaya Berkah Berlimpah

 Indriati Nur Cahyani

Team Umar 009

About umar 009


Tidak ada komentar:

Posting Komentar


Pengunjung

Flag Counter

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *

Map